Riyan Permana Putra Pemateri Diskusi Hukum dan HAM HMI Bukittinggi Bahas Kekuatan Hukum di Era Politik 2024

Bukittinggi – Pada Sabtu, 18 November 2023, bertempat di Sekretariat HMI Bukittinggi, Pengurus HMI Cabang Bukittinggi menyelenggarakan Diskusi Hukum yang dihadiri oleh peserta insan cita HMI Cabang Bukittinggi dan diikuti oleh Ketua Umum HMI Cabang Bukittinggi, Firman Wahyudi. Dalam diskusi kali ini dihadirkan pemateri oleh Dr (cand). Riyan Permana Putra, S.H., M.H selaku Direktur LBH Bukittinggi.

Dalam pemaparannya pemateri menyampaikan materi terkait kekuatan hukum di era politik sekarang cukup mendalam. Pemateri menjelaskan tentang pentingnya adanya kekuatan hukum dalam pemilu agar terdapatnya kejujuran dan keadilan dalam pelaksanaannya nanti.

Disetiap pemilu adanya kelemahan yang dikarenakan pertama, laporan yang tidak diselesaikan secara tuntas. Kedua, diperlakukan tidak adil oleh penyelenggara pemilu. Maka upaya meningkatkan kualitas pemilu yang benar-benar luber dan jurdil (free and fair election) sulit tercapai. Inilah alasan yang harus menjadi kajian penegakan hukum dalam pemilu di Indonesia.

Kajian ini menyampaikan terdapat 4 masalah hukum pemilu yaitu, tindak pidana pemilu, penyelenggaraan administrasi pemilu, perselisihan administrasi dan perselisihan hasil pemilu.

Maka dari itu diperlukannya kekuatan hukum agar dapat mengatur dinamika-dinamika politik yang ada pada pemilu agar tidak terjadi kecurangan atau terintimidasi nantinya.

Selain itu perlu adanya revisi-revisi lembaga pengawas pemilu dan peran penting mahasiswa sebagai Guardian of Constitution dalam era baru ini.

Diskusi kali ini berjalan dengan lancar dikarenakan para peserta yang hadir menyimak dengan seksama dan ada beberapa pertanyaan yang disampaikan peserta diskusi kepada pemateri terkait peran penting hukum terhadap politik di era sekarang ini.

Diskusi kali ini ditutup oleh pemateri dan moderator yang diakhiri dengan sesi penyerahan sertifikat penghargaan kepada pemateri Dr (cand). Riyan Permana Putra, S.H., M.H. dan foto bersama dengan para peserta insan cita HMI Bukittinggi.(Fendy Jambak)

Bagikan: