Rapat Anggota Tahunan Koperasi Saiyo Syariah Gulai Bancah Yang Ke 42 Tutup Buku tahun 2023

Bukittinggi,SumbarEkspres.com – Koperasi adalah merupakan badan usaha yang berasaskan orang banyak dari anggota oleh anggota dan untuk anggota oleh anggota dan kemajuan bangsa umumnya.

Koperasi simpan pinjam dan pembiayaan syariah saiyo syariah Kubu Gulai Bancah Kecamatan Mandiangin Koto Selayan (MKS) mengadakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) pada hari minggu tanggal 25 Februari 2024 di Ruangan pertemuan Universitas Perintis Bukittinggi.

Rapat tersebut membahas tentang laporan peetanggung jawaban pengurus.

Dalam acara tersebut di hadiri oleh Lurah Kubu Gulai Bancah dan RW 02 Kubu Gulai Bancah,
Pengurus dan Pengawas , serta anggota Koperasi Saiyo Syariah Gulai Bancah.

Untuk membuka laporan ini ketua koperasi Saiyo syariah Bpk Drs H. Syafril St Sati menyampaikan bahwa kondisi koperasi kita tahun 2023 ( Januari 2023- Desember 2023 ) menunjukkan kondisi yang lebih baik dibanding dengan tahun tahun sebelumnya ujarnya.

Ditahun 2020 sampai tahun 2021 kita menghadapi masalah covid 19,ekonomi masyarakat berada dalam kondisi yang sulit,dan di tahun 2022 ,stuasi sudah agak membaik , ekonomi masyarakat bergerak bangkit walaupun belum dapat dikatakan pulih imbuhnya.

Kemudian di tahun 2023 ( Januari 2023- Desember 2023 )kondisi koperasi boleh dikatakan sudah stabil,memang masih ada beberapa anggota yang belum berhasil bangkit kembali setelah covid,namun secara umum anggota sudah dapat melaksanakan hak dan kewajibannya menurut ketentuan yang ada pada koperasi tukasnya.

Dalam rangka merealisasikan Rencana Kerja Tahun 2023 ,untuk menambah wawasan dan pengetahuan Pengurus ,Badan pemeriksa dan Penasehat telah mengadakan kunjungan / study Banding ke Koperasi Syari’ah Simpan Pinjam (KSP) TALAGO II Kabupaten Lima Puluh Kota.

Kunjungan ini untuk memperoleh informasi tentang pengelolaan serta pelayanan terhadap anggota menurut Koperasi Syari’ah.

Evaluasi laporan RAT Koperasi Saiyo Syari’ah Kelurahan Kubu Gulai Bancah dalam laporan tutup buku Tahun 2023 , untuk laporan keseluruhan cukup baik,
Untuk pengurus maupun pengawas yang telah melaksanakan tugas dengan baik.

Kegiatan pelayanan terhadap anggota dapat berjalan dengan baik tanpa adanya halangan .
Kondisi simpanan,sisa Pinjaman ( Pembiayaan Syari’ ah ) ongkos / Biaya, pendapatan serta SHU tahun 2023 mengalami peningkatan .

Pinjaman / Pembiayaan Murabahah dan Ijarah yang diberikan kepada anggota tahun 2023 ( Januari 2023 – Desember 2023).oleh koperasi sebanyak 109 Transaksi dengan nilai Nominal Rupiah 2.426.000.000.dan SHU di Tahun 2023 berjumlah 126.811.904 naik 0.09% di banding tahun lalu jumlah SHU 116.108.329.00.

Dan jumlah anggota koperasi sampai akhir Tahun 2023 ,136 orang beserta dengan rincian laki laki 42 orang dan perempuan 94 orang, anggota simpanan umum 51 orang.usaha yang di laksanakan koperasi saiyo syari’ah adalah simpan pinjam dan pembiayaan syari’ ah.

Pelaksanan Rapat anggota tahunan (RAT) bagi sebuah koperasi merupakan hal yang mutlak yang si laksanakan ,karena RAT merupakan ciri dan sendi Utama dalam.menggerakan koperasi, selain itu RAT juga merupakan Impelementasi dan semangat yang harus hidup dalam koperasi yaitu asas kekeluargaan .

Dalam RAT koperasi ini membahas beberapa hal diantaranya,laporan pertanggung jawaban pengurus dan pengawas atas pelaksanaan tugas selama satu tahun lampau.

Pertanggung jawaban penting di lakukan karena untuk mengukur kinerja pengurus serta mengevaluasi seluruh program dan kegiatan agar pada masa masa mendatang kenerja koperasi dapat lebih di perbaiki dan bisa lebih sempurna lagi.

Dengan harapan koperasi ini dapat menjadikan koperasi yang sehat ,mandiri dan akan semangkin banyak yang tertarik menjadi anggota koperasi.

Rapat Anggota Tahunan (RAT )Koperasi Saiyo Syari’ ah Kubu Gulai Bancah Kecamatan Mandiangin Koto Selayan berlangsung dengan lancar,aman dan terkandali.

Mudah mudahan koperasi Saiyo Syari’ah semakin berkembang dan berdedikasi dalam memenuhi kebutuhan masyarakat banyak.
(Refnawati SH)

Bagikan: