Satuan Pendidikan di Tingkat Paud,TK, SD dan SMP terus dukung Program Bupati Agam dalam bidang Tahfiz Al Qur’an

Agam,SumbarEkspres.com-Selasa 30 Mei Tahun 2023, kembali di SDN 05 Surabayo Kecamatan Lubuk Basung, mengadakan Wisuda Tahfizd Angkatan ke II yang merupakan salah satu Program Unggulan Bupati Agam, selain program Kampung Inggris dan Program Unggulan lainnya yaitu keterampilan dalam Pasambahan Adat Minang Kabau bagi peserta didik di Kabupaten Agam.

Dalam laporannya, Darneswati, S.Pd M.M.Pd selaku Kepala Sekolah SDN 05 Surabayo Kecamatan Lubuk Basung menyampaikan, bahwa Wisuda Tahfizd ini merupakan angkatan yang ke II dengan jumlah anak yang di Wisuda sebanyak 36 Orang. Acara ini juga sekaligus di gabung dengan Acara Panen Karya P5 ( Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dan sekaligus Acara Perpisahan siswa kelas VI untuk Tahun Pelajaran 2022/2023.

Dalam Kesempatan ini, dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Agam tampak hadir Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Dasar Rezafri Bardi, M.Pd di dampingi KUK Kecamatan Lubuk Basung Marasati, S.Pd. M.M.Pd, Camat Lubuk Basung, Wali Nagari Lubuk Basung beserta jajaran, Komite dan para orang tua/wali murid yang ikut mendampingi anak – anaknya pada acara tersebut.

Dalam sambutannya sekaligus membuka acara secara Resmi Kabid Pembinaan Sekolah Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Agam menyampaikan bahwa, Kegiatan Tahfizd Qur’an ini merupakan bentuk pendidikan nilai – nilai Al-Qur’an dalam membina kepribadian seseorang muslim dari sejak usia dini. Karena salah satu kewajiban seorang umat Islam terhadap Al-Qur’an selain membaca dan mengamalkannya adalah menghafalnya.

Dinas Pendidikan juga memberikan Apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh guru atas kerja keras mereka yang secara serius dan konsisten, dalam membina dan mendidik anak-anak untuk menghafal Al-Qur’an serta mendalaminya.

Para guru tidak mengenal lelah, mereka rela berkorban waktu dan tenaga demi terwujudnya tujuan yang mulia ini.

Tentunya dengan lahirnya para generasi penghafal Al-Qur’an di Kabupaten Agam, akan bisa menyejukan dan membawa kedamaian serta keberkahan bagi Negeri ini, Khususnya di Kabupaten Agam.

Beliau juga menyampaikan bahwa saat ini, kita dihadapkan pada pengaruh globalisasi yang berdampak pada kemerosotan moral bagi generasi muda.

Agar generasi muda Islam tidak terseret jauh dalam arus globalisasi ini, maka kita harus saling bahu membahu membentenginya dengan nila – nilai Agama, salah satunya adalah dengan menerapkan nilai-nilai Al-Quran sebagai pedoman dalam kehidupan.

Semoga Allah SWT memberkahi segala usaha kita untuk memajukan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Kabupaten Agam, tutupnya.

Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan acara penyerahan hadiah sekaligus pembagian piagam penghargaan kepada seluruh santriwan dan santriwati yang di Wisuda. Serta mengunjungi Galeri Pertanian, hasil Panen Karya yang telah di siapkan oleh Guru beserta seluruh siswa di SDN 05 Surabayo. ( jona /Fendy j )

Bagikan: