Kunjungan Kerja Presidium FPII, Kalapas: “Pererat Sinergi Lapas Serang dengan Insan Pers”

Serang – Masyarakat, jika mendengar kata Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) pasti langsung membayangkan hal-hal menyeramkan dan negatif. Padahal jika ditelisik kegiatan para warga binaan atau naik tersebut, sangatlah jauh dari kata menyeramkan.

Seperti di Lapas Kelas IIA Serang, Banten. Para Napi yang sedang menjalani masa tahanan, sangat terlihat enjoy dan tanpa terlihat ada beban yang mereka pikul.

Hal ini terlihat ketika Ketua Presidium Forum Pers independent Indonesia (FPII) Dra. Kasihhati dan Rombongan, Pengawas Dewan Pers Independen, Lilik Adi Goenawan, Ketua Setwil FPII Banten, dan Roslina Anggota Presidium saat berkunjung ke Lapas Kelas IIA Serang, Banten pada hari Selasa, (03/07-2023).

Kesibukan dan kegiatan para warga binaan tersebut antara lain: Ada yang sedang menjahit untuk sarung bantal dan guling, ada yang sedang meracik minuman kesehatan yang terbuat dari jahe merah, ada yang berkebun, dan lain sebagainya.

Minuman tersebut bernama Jahe Merah Instan Lapas Serang (Penjara). Menurut salah seorang napi, minuman yang sedang meracik kesehatan tersebut terbuat dari bahan alami tanpa bahan pengawet dan perwarna.

Sebab, Penjara tersebut komposisinya: jahe merah, rempah-rempah pilihan, gula pasir dan gula aren.

Di tempat yang sama, Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIA Serang, Fajar Nur Cahyono AMd. IP., S.Sos., M.Si mengatakan, “Pembuatan minuman kesehatan tersebut, sangat bermanfaat bagi kesehatan dan saya bangga melihat para warga binaan yang rajin dan berkarya secara nyata,” ungkap Kalapas Kelas IIA Serang.

Pada saat yang sama Kasihhati, Ketua Presidium FPII mengapresiasi hasil karya warga binaan Lapas Kelas IIA Serang, Banten. Bahkan JAILS buatan napi Lapas Kelas IIA Serang, Rombongan Ketua Presidium FPII ikut menyicipi. Rasanya sangat enak dan nikmat, cocok buat semua kalangan.

Sambutan hangat Kalapas Serang dan kebetulan ada juga Karutan Serang Pak Yudha, diapresiasi oleh Ketua Presidium FPII .(Fendy Jambak/Presidium FPII)

Bagikan: